Jumat, 26 September 2014

#AuguriCapitano

Francesco Totti.

38 tahun sudah sejak kamu dilahirkan, kapten. Tak terasa pula bagi kami romanisti telah menyaksikanmu bertahun-tahun. Hingga sekarang sampai sudah kau ke usia yang mereka bilang terlalu tua untuk ukuran seorang pesepakbola profesional. Tapi dengan kokohnya tubuhmu, dan kuatnya semangatmu, usia hanya akan jadi angka tanpa makna.

Mungkin kau sudah tak secepat dulu, tendanganmu tak semematikan ketika itu, tapi visimu, kemampuanmu tetap membuat kamu jadi salah satu yang terbaik di antara mereka. Di lapangan hijau kau tetap seniman agung, karyamu menawan serupa lukisan Pablo Picasso dan Vincent Van Gogh di atas kanvas. 

Saat rekan seusiamu perlahan memutuskan berhenti, kau tetap jadi orang yang berdiri di garda paling depan penyerangan AS Roma. Ban kapten yang tak pernah lepas dari lengan kirimu, jadi tanda bahwa kau jadi pemimpin abadi di tim ini. Kau simbol, kau bendera, dan kau adalah AS Roma itu sendiri. AS Roma adalah Totti dan Totti adalah AS Roma. Seperti yang Baldini pernah katakan, "Tidak ada sepakbola di mana Totti mengenakan jersey selain AS Roma".

Meski kini sampailah kita pada tahun-tahun terakhir karirmu, Waktumu di dunia sepakbola mungkin juga tak akan lama lagi. Akan ada yang menggantikanmu untuk menjadi yang paling depan saat memasuki lapangan. Akan ada yang menggantikanmu ketika wasit memanggil kedua kapten saat pertandingan hendak dimulai. Tapi di hati para romanisti kau tak bisa terganti. Ce solo un capitano!

Semoga di penghujung karirmu, kau bisa merengkuh scudetto lagi. Lalu mengangkat si kuping besar, piala yang kau idamkan selama ini. Selalu doa terbaik untukmu kapten, pemimpin sekaligus penabur inspirasi bagi romanisti. 



Selamat ulang tahun ke 38 kapten. Bahagia untukmu.
Ketika kelak Stadio della Roma resmi digunakan semoga kau masih bisa bermain di sana.


e il momento del capitano! e il nostro capitano! e il simbolo di Roma! e della romanita e il gladiatore gialorosso! e il bimbo de oro! con il numero 10.. FRANCESCOOOO TOOTTTTTIIIII




Tidak ada komentar:

Posting Komentar